breaking news New

Salah Satu Permainan Tradisional Yang Cukup Populer Pada Masa-nya, Berikut Ini Adalah Sejarah dan Ca

Congklak adalah salah satu permainan dari banyaknya kearifan lokal yang terlahir di Negeri ini. Permainan congklak dimainkan menggunakan media papan kayu (papan tidak selalu kayu) yang memiliki lubang bulat dengan jumlah 14 hingga 16 lubang. Dari jumlah lubang yang ada pada papan congklak, dua di antara lubang lainnya memiliki ukuran lebih besar dan terletak pada ujung papan Congklak. memainkan dengan biji-bijan atau batu-batu kecil yang dipindahkan dari satu lubang ke luang lainnya. Biji congklak ini dipindahkan memutar secara berurutan. Permainan ini hanya bisa dilakukan oleh dua orang saja. Congklak merupakan permainan yang berasal dari kebudayaan kuno timur tengah yang diiperkirakan pada 7000 hingga 5000 SM. Kemudian, permainan Congklak ini di bawa ke daratan negara Afrika setelah kemudian menyebar di negara-negara Asia lainnya melalui perdagangan. Saat masuk ke Indonesia, permainan ini kerap dimainkan oleh anak para bangsawan kuno yang sering bertemu dengan para pedagang. Di Timur Tengah permainan ini dikenal permainan Mancala yang artinya bergerak. Sedangkan di Indonesia lebih sering disebut dengan Congklak dan Dakon.

Memulai permainan Congklak dengan kedua pemain harus memindahkan biji Congklak tersebut dari satu lubang satu ke lubang lainnya secara berurutan dan bergantian. Memindahkan biji congklak ini dilakukan searah dengan jarum jam. Di mana satu lubang diisi oleh satu biji begitu seterusnya hingga biji yang digenggam pada tangan habis. Permainan ini terus berlangsung hingga satu pemain kehilangan biji. Namun permainan bisa juga dihentikan ketika kedua pemain ingin berhenti. Saat itu, pemain akan menghitung jumlah biji yang dimiliki. Pemain yang memiliki jumlah biji paling banyak maka dialah pemenangnya.
Baik Untuk Anak! Berikut Adalah Manfaat Dari Bermain Congklak:
1. Melatih kemampuan berhitung
2. Dengan melakukan susunan strategi pada permainan Congklak juga akan melatih kemampuan berfikir pada anak
3. Pemain tidak tahu berapa jumlah biji yang dimasukkan pada lubang. Maka dari itu pemain harus jujur dengan mengisi setiap lubang dengan satu biji saat gilirannya tiba. Dengan ini akan melatih kejujuran dan mentaati peraturan.
4. Permainan Congklak dilakukan secara bergiliran, tidak bisa berebut. Ini akan melatih kesabaran bagi para pemainnya