breaking news New

Wisata Kuliner Daerah Cilegon

Cilegon adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Banten, Indonesia. Meskipun terkenal sebagai kota industri, namun kota ini tetap memiliki ciri khas dalam bidang kuliner. Makanan khas Cilegon banyak yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kota Baja ini. Karena letaknya tidak terlalu jauh dari ibukota, kota ini bisa menjadi alternatif jika kamu ingin mencicipi kuliner khas daerah di tempatnya langsung. Tenang saja, soal rasa tidak perlu diragukan karena akan bikin kamu ketagihan. Berikut makanan khas kota Cilegon yang wajib dicoba saat kamu ingin berkuliner di sana.

1. Sate Bandeng
Tujuan pembuatan sate bandeng adalah untuk mendapatkan olahan ikan bandeng tanpa duri. Tidak seperti bandeng presto khas Semarang atau bandeng cabut duri milik Sidoarjo, sate bandeng dari Cilegon ini dibuat dengan cara menumbuk daging bandeng yang telah dihilangkan durinya kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, gula merah, garam dan yang tidak kalah penting yaitu parutan kelapa yang tidak terlalu tua.

Cara memasak seperti ini dilakukan oleh juru masak Kesultanan Banten dengan tujuan memudahkan menyantap hidangan ikan bandeng yang notabene memiliki banyak duri halus meski dagingnya sendiri lezat. Variasi lain memasak sate bandeng adalah dengan menghidangkan dalam ukuran besar dan dibungkus daun pisang lalu dibakar sampai matang layaknya membuat pepes. Umumnya hidangan sate bandeng disantap bersama dengan sambal kacang.

2. Ketan Bintul
Ketan bintul merupakan hasil olahan beras ketan yang dimasak hingga menjadi nasi ketan dan disajikan menggunakan daun pisang dengan ditaburi serundeng (parutan kelapa yang digoreng) di atasnya. Makanan ini sangat cocok untuk teman minum teh sore hari atau jadi penganan saat acara pernikahan. Karena sangat digemari oleh penduduk lokal hingga turis, kue ini sangat mudah didapatkan. Kamu bisa menemuinya di berbagai tempat yang jual jajanan kue di Cilegon. Soal harga kamu tidak perlu khawatir karena, makanan khas Cilegon yang satu ini di banderol sekitar Rp 15 ribu per bungkusnya.

Dari dua jenis makanan yang ada di atas, bisa dijadikan pilihan bersantap kamu ketika berkunjung ke kota Cilegon.